Pengikut

Jumat, 06 April 2012

Tips Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Bekerja atau Belajar


Mengatuk merupakan hal yang umum dialami setiap orang. Apalagi yang mempunyai segudang aktifitas, waktu istirahat sangatlah minim. Bagi seorang pekerja ulet, mengatuk merupakan kendala yang harus di hilangkan, apalagi hal tersebut akan menggangu jalannga aktifitas keseharian. Dan bagi pelajar rasa mengatuk perlu dikurangi, apalagi menjelang ujian dan ulangan. agar hal tersebut bisa disiasati, ada beberapa tips untuk menghilangkan rasa mengantuk tersebut :
Tips – tips itu adalah :
  1. Usahakan untuk mendapatkan cahaya yang terang, paling sedikit sebanding dengan cahaya di pagi hari. Cahaya yang lebih terang  diyakini dapat mengurangi kantuk yang menyerang. Dan jika Anda mengantuk hampiri jendela dan tataplah ke luar ruangan. 
  2. Pergilah ke rest room dan basuh wajah Anda dengan air beberapa kali, sehingga Anda akan merasakan kesegaran. Air yang membasahi wajah dipastikan dapat menyegarkan penglihatan Anda. Kemudian belalakan mata Anda lebar-lebar. dan segera sadarkan diri Anda bahwa Anda kini sedang bekerja atau belajar 
  3. Simpan wewangian atau minyak aromaterapi yang dapat menambah semangat kerja Anda, seperti bau-bauan mint atau jeruk. Wewangian ini dapat Anda pasang di ventilasi AC atau letakkan di meja di dekat ruangan kerja Anda. Bau-bauan yang segar akan merangsang penciuman Anda dan mengurangi kantuk.      Nyalakan bunyi-bunyian. Bunyi-bunyian yang tidak teratur, seperti suara radio, musik, dapat meningkatkan kewaspadaan dan ketajaman otak Anda. Sebaliknya bunyi yang teratur seperti deru AC membuat Anda merasa ngantuk. 
  4. Lakukan olahraga ringan, seperti senam ringan dengan menggerakkan kepala, tangan, kaki atau berjalan-jalan santai di ruangan juga bisa Anda lakukan. Gerakan-gerakan yang cukup simultan dapat menghambat saraf kantuk Anda. 
  5.  Bila kantor Anda memiliki taman-taman indah, keluarlah sebentar dari ruang kerja Anda dan pandanglah pohon-pohon hijau di taman. Niscaya mata Anda menjadi segar kembali. Tapi jangan kelamaan, kalau Anda merasa sudah lebih segar kembalilah ke dalam ruangan dan lanjutkan aktivitas kerja Anda. 
  6. Tips – tips ini masih subjektif sifatnya. Artinya masih perlu banyak bukti tentang efektifitasnya. Namun, hemat saya, keberhasilan tips ini sangat tergantung pada sejauh mana Anda benar-benar mau membuang rasa kantuk setiap kali Anda terserang. Semakin kuat keinginan Anda untuk benar-benar mengalahkan kantuk, Anda akan berhasil. Selamat mencoba. (fa dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar